Langsung ke konten utama

Sakramen Pernikahan (Agama Katolik)

Sakramen Pernikahan  adalah suatu sakramen yang mengkonsekrasi penerimanya (pasangan pria dan wanita) untuk suatu misi khusus dalam pembangunan Gereja dan menganugerahkan rahmat demi perampungan misi tersebut. Sakramen ini, yang dipandang sebagai suatu tanda cinta-kasih yang menyatukan Kristus dengan Gereja, menetapkan di antara kedua pasangan suatu ikatan yang bersifat permanen dan eksklusif, yang dimeteraikan oleh Allah.
Image result for sakramen perkawinan
Pernikahan sah sakramental  antara seorang pria yang sudah dibaptis dan seorang wanita yang sudah dibaptis dan telah disempurnakan dengan persetubuhan, tidak dapat diceraikan dan bersifat monogam. Karena  mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.
Sakramen ini menganugerahkan kepada pasangan yang bersangkutan rahmat yang mereka perlukan untuk mencapai kekudusan dalam kehidupan perkawinan mereka serta untuk menghasilkan dan mengasuh anak-anak mereka dengan penuh tanggung jawab. Sakramen ini dirayakan secara terbuka di hadapan imam (atau saksi lain yang ditunjuk oleh Gereja) serta saksi-saksi lainnya
Demi kesahan suatu pernikahan, seorang pria dan seorang wanita harus (1) terbebas dari halangan nikah, (2)  ada konsensus atau kesepakatan kedua belah pihak. Masing-masing calon  mengutarakan niat dan persetujuan-bebas (persetujuan tanpa paksaan) untuk saling memberi diri seutuhnya, tanpa memperkecualikan apapun dari hak-milik esensial dan maksud-maksud perkawinan.  (3) Dirayakan dalam “forma canonika” (Kan. 1108-1123)  atau tata peneguhan.  Suatu perkawinan harus dirayakan dihadapan tiga orang, yakni petugas resmi Gereja sebagai peneguh, dan dua orang saksi.
Jika salah satu dari keduanya adalah seorang Kristen non-Katolik, maka pernikahan mereka hanya dinyatakan sah jika telah memperoleh izin dari pihak berwenang terkait dalam Gereja Katolik. Jika salah satu dari keduanya adalah seorang non-Kristen (dalam arti belum dibaptis), maka diperlukan izin dari pihak berwenang terkait demi sahnya pernikahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengolahan Bahan Pangan Ikan dan Daging (Prakarya)

Pengolaha n Bahan Pangan  Daging dan  Ikan In do ne sia me ru pa ka n ne ga ra y ang me mi lik i su mb er da ya al am ya ng mel imp ah. Kek ay aan ala m Ind one sia buk an han ya pad a sek tor mig as sepe rti minyak bumi dan bahan tambang, tetapi juga kekayaan alam non-migas, seperti sek tor per tan ian , per ika nan dan pet ern aka n. Sek tor per tan ian men jad i sum ber   pangan dalam memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna, sebagai sumber zat-zat ya ng dip erl uka n ole h tub uh ber upa kar boh idr at, pro tein , lem ak, vit ami n dan mineral. Sumb er panga n hewani melipu ti susu, telur, ikan dan dagin g serta produk-  produk olahan yang bahan dasarnya beras al dari hewan memiliki kandungan gizi yang tinggi.  Pengolahan bahan pangan hewani bertujuan untuk memperlambat kerusakan yang diakibatkan reaksi biokimiawi serta menghasilkan produk olahan yang se!ara sensorik "aroma, rasa dan tekstur# memiliki bentuk yang menarik dan  bernilai gizi ting...

塞翁失马 焉知非福 Sai Weng Shi Ma Yan Zhi Fei Fu (Mandarin)

You Yi ge Lao Weng, Zu zai Chang Cheng jiao Xia de yi ge chun zi li, chu zi li de ren dou jiao ta "Sai Weng". You yi tian, Sai Weng yi pi ma hu ran bu jian le, xian qing men dan xin lao Weng hui shang xin, dou lai an wei ta. ke shi lao Weng shuo: "bu yao jin, ma bu jian le bu jian de shi huai shi, ce ye ke neng hui shi yi jian hao shi." Ji ge yue hou, Sai Weng de na pi ma pao hui lai le, er qie hai da le yi pi hao ma hui lai. xiang xin men you pao lai xian ta dou si. Ke shi lao Weng que shuo: "zhe jian shi shuo bu ding hui da lai zai huo ne!" you le yi pi hao ma, Sai Weng de er zi jiu ji chang qi zhe zhe pi ma dao chu qu you wan. you yi ci, Sai Weng de er zi bu xiao xin cong ma shang di xia lai, die duan le tui qu.zhe hui, xiang qin men you qian lai an wei Sai Weng, Sai Weng , que shuo chu ling ren gan dou jing qi de hui: "zhe jian hui shi ye xu hui ben cheng hao shi ne" guo le ji ge yue, lin guo bing ru qin, suo you denian qing nan zi, dou be...

Narattive Text (B. Inggris)

A. The definition of narrative text Narrative text is a story with complication or problematic events and it tries to find the resolutions to solve the problems. An important part of narrative text is the narrative mode, the set of methods used to communicate the narrative through a process narration. B. The purpose of narrative text The Purpose of Narrative Text is to amuse or to entertain the reader with a story. C. Generic Structures of Narrative Text 1) Orientation Sets the scene: where and when the story happened and introduces the participants of the story: who and what is involved in the story. 2) Complication Tells the beginning of the problems which leads to the crisis (climax) of the main participants. 3) Resolution The problem (the crisis) is resolved, either in a happy ending or in a sad (tragic) ending 4) Re-orientation/Coda This is a closing remark to the story and it is optional. It consists  of  a  moral  lesson,  advice  ...